Senyum Cantik Gigi Indah

GIGI adalah bagian penting dari penampilan. Banyak cara untuk mendapatkan gigi rapi dan indah, mulai penggunaan kawat gigi hingga invisalign.

Tampilan gigi yang indah, rapi, sehat, dan putih akan membuat seseorang makin percaya diri. Sayangnya, tidak semua orang memiliki total look yang sempurna ketika tersenyum karena tampilan gigi yang kurang mengesankan.

Jangan keburu berkecil hati dulu. Tidak ada kata terlambat karena beberapa tindakan perawatan gigi bisa dilakukan untuk mengembalikan senyum dan kepercayaan diri Anda. Memang, perkembangan zaman telah menjadikan gigi tidak sekadar alat pengunyah, juga menjadi penunjang kecantikan atau ketampanan seseorang.

“Dulu perhatian kepada gigi hanya untuk makan, tapi sekarang lebih kepada penampilan gigi. Karena gigi yang kelihatan bagus, dapat mengembalikan rasa percaya diri dan membantu orang bersosialisasi,” kata Dr Lita R Darmawan dari Kharinta Dental & Skin Care.

Beberapa jenis perawatan gigi yang sifatnya menyangkut dental cosmetics, salah satunya ortodontie (perataan gigi) atau lebih umum dikenal pasang kawat gigi.Kini kawat gigi bukan sesuatu yang aneh. Bahkan, gigi yang tidak bermasalah pun kadang dipasangi “pagar gigi” dengan pilihan warna yang disukai.

Ya, waktu telah membuat kawat gigi semakin modis dan berkelas. Tidak hanya gigi yang tidak rata yang bisa diperbaiki, gigi yang sudah rapi pun mampu dipercantik dengan model kawat gigi yang semakin manis.

Namun, bagi Anda yang ingin meratakan gigi, memang sudah tepat jika memilih kawat gigi sebagai solusinya. Nah, di klinik yang berlokasi di Bintaro Jaya ini sebelum memasang kawat gigi, beberapa tahapan wajib dilakukan. Misalnya, dokter mengambil data tentang kondisi gigi pasien dengan menggunakan x ray panoramic dan cephalo, yakni tindakan untuk melihat kondisi gigi pasien, jaringan tulang, kemungkinan kelainan pada ujung akar, dan kondisi tulang tengkorak pasien. Kemudian, dokter mempelajari diagnosis tersebut dan mengambil tindakan apa yang selanjutnya dilakukan.

“Umumnya setelah kawat gigi dilepas, ada perubahan wajah menjadi lebih baik. Perawatan pemasangan kawat gigi merupakan tindakan yang sifatnya jangka panjang untuk melihat hasilnya dan ditangani spesialis kawat gigiatau disebut orthodontist,” katanya.

Setelah tahap tersebut, barulah dibuat rencana perawatan. Rencana perawatan ini didiskusikan dua arah dengan pasien sehingga pasien benarbenar mengetahui dari awal masalah giginya, tindakan apa yang akan dilakukan dan estimasi biaya yang akan dikeluarkan.

Mengenai jenisnya, pasien pun bisa memilih model cekatan atau lepasan, khususnya untuk lepasan yang biasanya dilakukan pada gigi campuran- terdapat gigi susu dan gigi tetap yang terdapat pada anak usia 6-12 tahun. Dokter cantik ini menjelaskan, model cekat yang lebih dikenal dengan kawat gigi karet warna-warni ini lebih berhasil meratakan gigi dibandingkan model lepasan.

Alasannya, kawat gigi cekat hanya bisa dipasang dan dilepas oleh dokter sehingga lebih stabil, sedangkan kawat gigi model lepasan bisa dilepas pasang kapan saja oleh pasien. Hal itu dikhawatirkan jika pasien kurang koorporatif karena suka melepas dan memasang kawat giginya, maka proses perataan gigi tidak berhasil dengan baik atau kurang maksimal.

Sementara, mengenai sistem pemasangan kawat gigi jenis cekat ini dibagi menjadi beberapa macam sistem. Namun, sistem terbaru adalah sistem damon.

” Dalam sistem ini, segala hal yang sifatnya perawatan konvensional ditingkatkan atau diperbarui sehingga tidak lagi memakai kawat dengan penahan karet yang warna-warni,” sebutnya.

Dari segi kontrol, Lita menuturkan, sistem ini lebih lama. Pada sistem konvensional pasien harus datang 3 minggu sekali untuk mengencangkan kawat giginya, sedangkan pada sistem damon hanya perlu 6 minggu sekali. Keuntungannya, sistem damon lebih cepat berhasil karena memang diciptakan dengan titik asimulasi yang sifatnya ke arah samping.

Selain itu, yang menyenangkan pasien adalah jika pada sistem cekat konvensional memerlukan pencabutan gigi yang bisa dihindari pada sistem damon. Selain jenisnya dan sistemnya, material kawat gigi pun bermacam- macam.Umumnya terbuat dari metal atau clear. Untuk sistem konvensional menggunakan bahan metal, sedangkan kawat gigi untuk estetik dengan warna transparan, bahannya ada yang terbuat dari keramik dan composite.

Bahan transparan ini, diakui Lita, digandrungi selebriti dan orang-orang yang tidak ingin menonjol karena menggunakan kawat gigi. Bahan transparan ini pun harganya lebih mahal ketimbang bahan metal karena lebih estetik. Kendati demikian, tidak semua kasus gigi tidak rapi atau rata bisa menggunakan kawat gigi berbahan mahal ini karena kekuatan bahan ini justru tidak sekuat bahan metal.

Terlepas dari mahal atau tidaknya kawat gigi itu, dengan pemasangan kawat gigi, gigi yang tadinya tidak rapi akan dirapikan dan diratakan dalam tempo 6-30 bulan.

Sumber : Okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*